9 Kebiasaan Sehari – hari Yang Bisa Mencegah Kanker

1.549

9 Cara Efektif Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Penelitian terbaru dibidang pengaruh genetika terhadap kanker mungkin menyimpulkan bahwa beberapa pasien kanker mengidap kanker akibat faktor keturunan / bawaan genetik.

Namun bukan berarti kita harus pasrah karena kanker pasti akan menjangkiti tubuh kita. Menurut American Cancer Society, gaya hidup sehat bisa mencegah hampir separuh kasus kematian yang diakibatkan oleh kanker.

Inilah kesembilan hal yang bisa kamu lakukan, yang didasari oleh penelitian terbaru, yang bisa mengurangi resiko untuk terkena kanker.

Tips – tips berikut ini disadur dan disunting dari artikel di rubik Livescience yang ditulis oleh Dr. Anne McTieman, peneliti dibidang pencegahan kanker di Fred Hutchinson Cancer Research Center yang berpusat di Seattle, Amerika Serikat.

Untuk mencegah kanker cobalah untuk berhenti merokok atau menggunakan olahan tembakau lainnya.

Cara Mencegah Kanker
Sumber : Basil MK @ pexels

Merokok sering kali identik sebagai salah satu pemicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

Menurut National Cancer Institute, jenis – jenis penyakit kanker yang timbul akibat merokok antara lain kanker paru – paru, kanker esofagus, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker perut, dan kanker pankreas.

Merokok juga menjadi penyebab utama kematian yang bersifat prematur di negara – negara besar diseluruh dunia.

Dr. McTiernan berkata jika anda saat ini sedang berusaha untuk menghilangkan kecanduan merokok, jangan menyerah karena efek positifnya jauh lebih bernilai dibandingkan kenikmatan merokok.

Untuk mencegah kanker biasakan untuk mengecek kesehatanmu secara rutin

Cara Efektif Mencegah Kanker
Sumber : Rene Asmussen @ pixabay

Untuk mengetahui seberapa besar resiko kanker menghantui kesehatanmu, dokter menyarankan untuk mengikuti uji tapis atau screening test secara rutin setidaknya setahun sekali.

Uji tapis bisa mendeteksi gejala dini untuk kanker usus, kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks dan kanker kulit.

Tanyakan pada dokter langgananmu seberapa sering anda harus mengikuti uji tapis dan sejak umur berapa kamu harus memulai mengikutinya.

Bahkan jika kamu belum merasa memiliki gejala kanker apapun, menemukan gejala kanker sedini mungkin adalah cara terbaik untuk merawat bahkan menyembuhkan kanker.

Uji tapis biasanya terdiri atas tes fisik, uji sampel darah, Pengambilan X-ray dan tes genetik.

Untuk mencegah kanker Berhentilah meminum minuman mengandung alkohol

Berhenti Meminum Alkohol Mencegah kanker
Sumber : Pixabay

Jika anda masih belum bisa meminum minuman mengandung alkohol, cukup meminum 1 sloki minuman beralkohol untuk wanita dan dua sloki untuk pria.

Menurut studi yang dilakukan American Cancer Society, orang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol enam kali lebih beresiko terkena kanker mulut dibandingkan mereka yang tidak meminum minumal beralkohol sama sekali.

Untuk mencegah kanker, gunakan produk kecantikan yang mengandung tabir surya.

Mencegah Kanker Dengan Tabir Surya
Sumber Foto : Pixabay

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Skin Cancer Foundation menemukan bahwa sinar ultraviolet mampu merusak DNA yang ada dalam sel kulit dan.

Paparan sinar ultraviolet dalam jangka panjang memicu mutasi genetik yang bisa berujung ke munculnya sel kanker kulit.

Disarankan untuk menggunakan produk kecantikan seperty hand body atau krim wajah yang mengandung tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Disarankan juga untuk menggunakan kacamata dan topi saat beraktivitas dibawah teriknya matahari.

Aktif bergerak sangat ampuh untuk mencegah kanker

berolahraga mencegah kanker
Sumber : Burst @ Pexels

Beberapa studi dan penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention menyatakan kegiatan fisik sebagai salah satu cara terampuh untuk mencegah kanker.

Mereka yang aktif melakukan kegiatan fisik memiliki resiko lebih rendah terkena kanker usus dan payudara dibandingkan mereka yang tidak.

Anda tidak perlu menjadi atlit profesional untuk menikmati manfaat dari aktifnya menggerakkan tubuh.

Kegiatan seperti mengantar anak ke sekolah dengan berjalan kaki, naik turun tangga di pusat perbelanjaan atau membersihkan rumah setiap hari bisa membuat berkeringat dan meningkatkan detak jantungmu sangat efektif untuk mengurangi resiko terkena kanker.

Menjaga berat badan ideal sesuai dengan tinggi badanmu sangat penting jika kamu tidak ingin mengidap kanker

menjaga berat badan mencegah kanker
Foto Sumber : Pixabay

Indeks Masa Tubuh yang baik adalah yang berkisar diantara angka 24 hingga 27.

Tingginya indeks masa tubuh beresiko menimbulkan kanker esofagus, kanker kantung empedu, kanker tiroid dan kanker usus besar.

Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2008 di jurnal kesehatan Lancet, cobalah untuk menjaga berat badanmu sekitar 10 – 17 kg diatas berat badanmu disaat usiamu 18 tahun.

Jadi ketika berat badanmu berada diangka 60 kg dengan BMI diantara 24 hingga 27, berat badanmu tidak boleh tembus diatas angka 77 kg.

Minumlah obat – obatan sesuai dengan anjuran dokter

meminum obat mencegah kanker
Sumber Foto : Pixabay

Ada beberapa obat – obatan yang diakui oleh praktisi dan ahli didunia medis yang mampu mengurangi resiko munculnya sel penyebab kanker.

Menurut Mayo Clinic, pil yang bernama Selective Estrogen Receptive Modulator mampu membantu wanta yang beresiko tinggi terkena kanker payudara bebas dari gejala kanker payudara dalam waktu yang cukup lama.

Hindarilah terpapar bahan – bahan kimia yang bisa memicu sel kanker

hindari bahan kimia mencegah kanker
Sumber Foto : Pixabay

Paparan radiasi dan beberapa jenis bahan kimia mampu meningkatkan resiko muncul sel penyebab kanker.

American Cancer Society mencontohkan, paparan sinar UV dan X – Ray yang berlebih pada tubuh seseorang bisa memicu munculnya kanker paru – paru, kanker kulit, kanker kelenjar tiroid, kanker payudara dan kanker perut.

Mulai makan makanan yang mampu mengurangi resiko terkena kanker

Menghindari Penyakit Kanker
Foto Sumber : PicJumbo

Walau penelitian mengenai keterkaitan pola makan dan kanker yang diderita oleh seseorang belum banyak dilakukan, beberapa peneliti percaya bahwa pola makan yang sehat bisa mengurangi resiko seseorang mengidap kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pola makan yang berfokus mengonsumsi olahan sayuran hijau mampu mengurangi resiko terkena kanker usus secara drastis.

Beberapa studi juga menyarankan untuk membatasi konsumsi daging merah paling banyak 4 ons setiap harinya.

Mengurangi konsumsi makanan olahan seperti sosis dan memakan makanan yang berbahan buah – buahan dan sayuran hijau juga efektif untuk menjaga tubuhmu dari sel kanker.

Mengurangi konsumsi gula seperti memakan kue, just, permen, roti, dan keripik dianggap ampuh mencegah munculnya sel kanker dalam tubuhmu.

Itulah kesembilan hal yang bisa kamu lakukan sehari – hari yang efektif untuk mencegah kanker. Jika kamu secara rutin dan konsisten melakukan kesembilan diatas, diharapkan bisa membuatmu terhindar dari kanker di usia muda.

Artikel yang mungkin anda ingin baca :

5 Fakta Mengejutkan Mengenai Kanker Serviks

You might also like More from author

Comments