Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan Tubuh

3.051

Apa Saja Manfaat Pisang Ambon Jika Dikonsumsi Secara Rutin Untuk Kesehatan Tubuh Kita ?

Nikmat dan kaya nutrisi – pisang merupakan salah satu buah – buah terfavorit masyarakat Indonesia. Selain karena mudah didapat dan tidak mengenail musim. Ada banyak jenis pisang yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Pisang Hijau, Pisang Susu, Pisang Cavendish, Pisang Ambon dan lain – lain. Salah satu pisang dengan kandungan nutrisi terbaik adalah pisang ambon. Berikut adalah manfaat pisang ambon untuk kesehatan tubuh anda.

Nutrisi Yang Ada Dalam Pisang Ambon

Peneliti telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi dua buah pisang seseorang akan memperoleh energi yang cukup untuk berolahraga selama 90 menit. Membuat pisang menjadi buah favorit para atlit kelas dunia.

Adapun kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di pisang ambon adalah :

  • Gula alami berbentuk Glukosa, Fruktosa dan Sukrosa;
  • Vitamin B6;
  • Vitamin C;
  • Vitamin A;
  • Potassium;
  • Serat Makanan;
  • Biotin;
  • Karbohidrat;
  • Magnesium;
  • Riboflavin;
  • dan berbagai macam vitamin lainnya.

Dibawah ini adalah tabel berisi kandungan nutrisi dan vitamin lengkap yang menjadi sumber dari manfaat pisang ambon untuk kesehatan tubuh :

*AKG adalah Angka Kebutuhan Gizi

NUTRISI NILAI GIZI PERSENTASE AKG
Energi 90 Kcal 4.5%
Karbohidrat 22.84 g 18%
Protein 1.09g 2%
Lemak 0.33 g 1%
Serat 2.60 g 7%
VITAMIN DALAM PISANG AMBON
Folates 20 µg 5%
Niacin 0.665 mg 4%
Asam Panthotenic 0.334 mg 7%
Pyridoxine 0.367 mg 28%
Riboflavin 0.073 mg 5%
Thiamin 0.031 mg 2%
Vitamin A 64 IU 2%
Vitamin C 8.7 mg 15%
Vitamin E 0.10 mg 1%
Vitamin K 0.5 µg 1%
KANDUNGAN ELEKTROLIT PISANG AMBON
Sodium 1 mg 0%
Potassium 358 mg 8%
MINERAL DALAM PISANG AMBON
Kalsium 5 mg 0.5%
Tembaga 0.078 mg 8%
Zat Besi 0.26 mg 2%
Magnesium 27 mg 7%
Manganese 0.270 mg 13%
Fosfor 22 mg 3%
Selenium 1.0 µg 2%
Zink 0.15 mg 1%
SENYAWA NUTRISI LAINNYA
Carotene-α 25 µg
Carotene-ß 26 µg
Lutein-zeaxanthin 22 µg

 

Seperti yang ditunjukkan tabel diatas, ada banyak kandungan mineral dan vitamin dalam pisang ambon yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu pisang sangat mudah dicari sehingga sudah menjadi suatu keharusan untuk menyediakan pisang di meja makan anda.

Manfaat Pisang Ambon Kuning
Pisang Ambon Kuning Foto dari Berkah Khair

Apa Saja Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan Tubuh ?

Apakah benar pisang ambon bermanfaat untuk kesehatan ? Pisang ambon sangatlah sehat dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pisang merupakan salah satu buah yang mudah untuk diolah sehingga memakannya pun tidak menjadi suatu masalah.

Mari kita lihat beberapa manfaat pisang ambon kepada tubuhmu :

1. Memberikan Tenaga Secara Instan

Dengan mengonsumsi pisang ambon, tubuh anda akan mengubah glukosa, fruktosa dan sukrosa yang terkandung dalam pisang abon menjadi tambahan energi untuk tubuhmu. Karena alasan inilah banyak atlet professional yang mengonsumsi pisang disela – sela pertandingan.

Dikarenakan gula alami yang terkadung dalam pisang ambon inilah menjadi alasan mengapa disarankan untuk memakan pisang sebagai salah satu menu sarapan. Dengan memakan pisang dipagi hari maka anda akan memiliki tenaga ekstra untuk beraktifitas seharian.

Tenaga ekstra inilah yang mungkin menjadi manfaat pisang ambon paling populer hingga saat ini.

 

2. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Salah satu manfaat pisang ambon terbaik adalah kandungan nutrisi didalamnya mampu mengendalikan tekanan darah dari mereka yang mengonsumsinya.

Penelitian mengindikasikan bahwa potassium berfungsi untuk menjaga tingkat tekanan darah dan gabungan dari kalsium, potassium dan magnesium juga membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Pisang ambon merupakan buah yang kaya akan potassium, kalsium dan magnesium sehingga wajar bila seseorang dengan tekanan darah tinggi rajin mengonsumsi pisang dalam menunya sehari – hari.

3. Pisang Ambon Dapat Menurunkan Kolesterol

Kandungan Pectin dalam pisang ambon dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pectin adalah serat yang mudah dicerna oleh usus.

Menurut penelitian, serat yang mudah larut dalam air seperti pectin, psyllium, beta-glucan dan sejenisnya menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan tanpa menganggu tingkat kadar kolesterol baik.

 

4. Makan Pisang Ambon Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Pisang ambon kaya akan potassium. Jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan mampu memperbaiki kondisi ginjal.

The International Journal of Cancer menyatakan bahwa Pisang kaya akan antioksidan. Sehingga jika dikonsumsi setelah mengonsumsi sayuran seperti kubis akan sangat efektif dalam menjaga kesehatan ginjal.

5. Meningkatkan Kepekaan Saraf dan Mempertajam Kekuatan Otak

Pisang ambon kaya akan vitamin B sehingga sangat baik untuk menjaga kondisi sistem sarafmu. Potassium terkenal dapat meningkatkan kekuatan konsentrasi seseorang sehingga mampu menyerap pelajaran lebih baik.

Buat mereka yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, manfaat pisang ambon yang satu ini baik untuk kalian pertimbangkan.

6. Mengonsumsi Pisang Ambon Menurukan Resiko Terkena Stroke

Berbagai macam studi menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur setiap hari  secara drastis menurunkan resiko orang tersebut untuk terkena stroke.

Hal ini disebabkan akan kayanya kandungan potassium yang terkandung didalam pisang ambon.

7. Memakan Pisang Ambon Menurukan Resiko Terkena Kanker

Kaya akan anti oksidan dan serat yang baik untuk tubuh, mengonsumsi pisang ambon secara teratur mampu mengurangi resiko terkena berbagai jenis penyakit kanker.

8. Pisang Ambon Membuat Tulangmu Lebih Kuat

.Bakteri – bakteri probiotik yang ada didalam pisang ambon dipercaya memiliki kemampuan luar biasa untuk membantu tulangmu menyerap kalsium.

Dengan bagusnya penyerapan kalsium oleh tulang, maka tulang akan lebih kuat dan kokoh dari sebelumnya.

Manfaat Pisang Ambon Putih
Pisang Ambon Putih – Foto dari Berkah Khair

9. Mengonsumsi Pisang Ambon Membantu Memperlancar Pencernaan

Pisang Ambon kaya akan fructooligosaccharide yang berkerja sebagai bakteri probiotik (atau bakteri baik dalam tubuh). Bakteri ini mempercepat pertumbuhan bakteri baik lainnya didalam usus dan memproduksi enzim yang mempercepat proses penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Dengan begitu, sistem pencernaanmu akan menjadi lebih efektif dan terhindar dari bahaya bakteri – bakteri jahat yang mengancam kesehatan saluran pencernaanmu.

10. Mengonsumsi Pisang Ambon Mampu Meringankan Maag

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam pisang ambon memperkuat sel – sel yang berada didinding usus. Dengan begitu usus akan lebih tahan dengan asam lambung yang sering menganggu mereka yang memiliki maag.

Kemudian sebuah zat yang disebut protease inhibitors  membantu menyingkirkan bakteri jahat dalam pertu yang menjadi pemicu terjadinya maag.

Oleh karena itu pisang ambon sangat bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami maag.

11. Mengonsumsi Pisang Ambon Bisa Meredakan Diare

Anda sedang didera diare? Pisang ambon jika dikonsumsi mentah  mentah sangat efektif untuk meredakan diare. Pisang Ambon juga membantu tubuhmu untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

12. Pisang Ambon Meringankan Konstipasi

Kandungan Pectin dalam pisang ambon membantu meringankan konstipasi dan meningkatkan fungsi dari usus.

13. Pisang Ambon Baik Dikonsumsi Bagi Mereka Yang Anemia

Penderita Anemia disarankan untuk mengonsumsi pisang ambon dikarenakan pisang ambon sendiri mengandung zat besi yang membantu meningkatkan kadar haemoglobin dalam tubuh.

14. Memakan Pisang Ambon Bisa Mengurangi Hasrat Anda Untuk Merokok

Vitamin B6 dan B12 serta kandungan magnesium dan potassium yang tinggi dalam pisang ambon dipercaya mampu meringankan kecanduan nikotin dari seorang perokok berat.

Jika anda seorang perokok yang ingin mencoba berhenti merokok, manfaat pisang ambon yang satu ini wajib anda pertimbangkan.

15. Ingin Gemuk Atau Kurus ? Makanlah Pisang Ambon

Ingin menambah berat badan? Kombinasi susu dan pisang mampu mempercepat proses penggemukan badan. Pisang Ambon memberikan tubuhmu asupan gula alami sehingga kamu tidak perlu khawatir akan resiko diabetes.

ingin menurunkan berat badan? Pisang ambon banyak mengandung serat dan rendah akan lemak sehingga mudah untuk dicerna. 100 gram pisang ambon diperkirakan hanya mengandung kalori di angka 90 saja.

Dan dengan semua manfaat yang telah disebutkan diatas, diet dengan pisang ambon nampaknya sangat cocok bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan.

16. Pisang Ambon Membuatmu Lebih Cepat Tidur

Banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan akibat insomnia. Pisang Ambon sendiri kaya akan jenis asam amino yang dikenal dengan nama Trytophan. Senyawa ini memicu produksi melatonin – hormon yang membuat seseorang mengantuk.

Mengonsumsi pisang ambon dua atau tiga jam sebelum tidur bisa membuat tidurmu lebih nyenyak sehingga kamu bangun dengan perasaan yang lebih segar.

Nah itu tadi manfaat pisang ambon jika dikonsumsi secara rutin. Dengan mengetahui manfaat – manfaat pisang ambon diatas diharapkan kamu selalu menyediakan sedikit dana untuk membeli pisang ambon untuk konsumsi sehari – hari.

Mudahnya mencari pisang ambon membuat kamu lebih mudah menjaga kesehatan kamu. Biaya yang kamu keluarkan untuk mengonsumsi pisang ambon setidaknya satu kali dalam sehari tidak semahal biaya rumah sakit jika kamu terkena penyakit seperti anemia atau tekanan darah tinggi.

Jadi tunggu apa lagi sahabat diary sehat? Segera borong pisang ambon yang dijual dipasar buah terdekat dari rumahmu hehe…

Artikel ini merupakan saduran dari sumber berikut ini : Style Craze Benefits of Banana

You might also like More from author

Comments