7 Efek Samping Minum Kopi

1.815

Apa saja efek samping minum kopi?

Kopi adalah salah satu minuman favorit orang – orang dari seluruh dunia. Beberapa dari kita memulai hari dengan meminum secangkir kopi agar bisa “melek” dan memulai aktivitas sehari – hari. Walau begitu, ada beberapa efek samping minum kopi yang bisa terjadi terutama bila seseorang terlalu banyak meminum kopi.

Kebiasaan meminum kopi sendiri dalam jangka pendek meningkatkan “kewaspadaan” seseorang dan dalam jangka panjang mengurangi resiko terkena Parkinson, Batu empedu, dan penyakit hati dan ginjal.

Namun disaat yang bersamaan, konsumsi kopi dalam jangka panjang biasa dikaitkan dengan meningkatnya kadar kolesterol, resiko penyakit jantung dan osteoporosis.

Berikut 7 efek samping minum kopi terhadap tubuh kita:

1. Kandungan Asam Hydrochloric dalam Kopi

Efek Samping Minum Kopi 3
Via Pixabay

Meminum kopi saat perut kosong (sering terjadi dipagi hari) menyebabkan peningkatan produksi asam hydrochloric (HCl) dalam tubuh. Hal ini bisa menimbulkan masalah dikarenakan HCl berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk.

Jika tubuh anda harus memproduksi HCl dalam jumlah besar dikarenakan meminum kopi dipagi hari, ditakutkan tubuh anda tidak bisa memproduksi HCl dalam jumlah yang cukup untuk mencerna makan siang atau makan malam anda.

Kesulitan tubuh untuk mencerna protein sangatlah dipengaruhi dari jumlah HCl yang ada didalam perut. Makanan kaya protein yang tidak dicerna dengan baik bisa masuk kedalam usus kecil dan beresiko menyebabkan penyakit seperti pembengkakakn, perut kembung, usus buntu hingga kanker usus.

2. Kopi dan Maag

Banyak senyawa dalam kopi seperti kafein dan asam lainnya yang terkandung dalam biji kopi dapat mengakibatkan iritasi pada organ didalam perut. Penyakit maag, gastritis atau Crohn’s disease sendiri diketahui bisa timbul diakibatkan organ dalam perut yang sensitif terhadap senyawa – senyawa yang terkandung dalam kopi.

Penyakit maag sendiri diyakini diakibatkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Bagaimanapun, kopi yang kita minum memberikan tingkat keasaman yang tepat bagi bakteri H. pylori untuk bersarang didalam perut kita.

Meminum kopi juga dapat memicu iritasi pada usus kecil, yang bisa berujung pada penyakit seperti konstipasi atau diare. Kondisi ini sering disebut dengan nama IBS (Irritable Bowel Syndrome) dan jumlah pasien yang dilaporkan mengalami IBS terus meningkat tiap tahunnya.

3. Kopi dan Perut Mulas

Efek Samping Minum Kopi 1
Via Skitterphoto

Dikarenakan pengaruh kopi yang melemaskan otot – otot yang berada dibagian bawah esofagus, maka seseorang bisa merasakan perut mereka mulas sesaat setelah menghabiskan secangkir kopi.

Otot – otot yang berada dibagian bawah esofagus haruslah menutup dengan erat sesaat setelah tubuh mencerna makanan untuk mencegah asam HCl masuk kedalam esofagus dan membakar bagian dinding yang berada di esofagus .

Selain kopi, minuman cola dan minuman energi juga bisa membuat seseorang merasa mulas setelah meminumnya, namun tidak ada yang lebih sering menyebabkan mulas dibandingkan kopi.

4. Kopi sebagai Obat Pencahar

Meminum kopi dapat menstimulasi gerak peristaltik, proses pencernaan yang membuat kita ingin buang air besar. Hal ini membuat beberapa orang meminum kopi dalam jumlah besar sebagai pengganti obat pencahar, namun ada masalah yang tentunya timbul akibat hal ini.

Dengan terangsangnya gerakan peristaltik, maka makanan akan lebih cepat masuk kedalam usus kecil sebelum benar – benar dicerna dengan baik oleh tubuh.

Hal ini menyebabkan tubuh mengalami kesulitan untuk menyerap nutris yang terkandung dalam makanan yang anda makan. Hal ini juga rawan menyebabkan terjadinya pembengkakan dan inflamasi didalam organ pencernaan anda.

5. Kopi, Mineral dan Ginjal

Para peminum kopi berat mungkin akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan mineral yang diperlukan oleh tubuh mereka, bahkan jika mereka mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral atau meminum obat supplemen.

Hal ini terjadi karena kopi mempengaruhi kemampuan perut untuk menyerap zat besi dan menghambat kemampua ginjal untuk menyimpan mineral seperti kalsium, zinc, magnesium dan mineral penting untuk tubuh lainnya.

Dari sudut pandang kesehatan alat pencernaan, kekurangan magnesium bisa menyebabkan gangguan pada usus. Orang – orang sendiri pada umumnya sering mengalami kekurangan magnesium tiap harinya.

6. Kopi, Kanker dan Acrylamide

Acrylamide adalah senyawa yang berpotensi sebagai karsinogenik (penyebab kanker) yang terbentuk saat biji kopi dipanggang dalam temperatur tinggi. Semakin gelap warna olahan biji kopi tersebut, maka semakin tinggi pula kandungan acrylamidenya.

Faktanya, senyawa karsinogenik ini paling banyak ditemukan terkandung dalam secangkir kopi. Wah kok seram ya?

Efek Samping Minum Kopi 2
Via Burst

7. Kopi dan Stress

Meminum terlalu banyak kopi akan membuat tubuhmu melepaskan begitu banyak hormon penyebab stress alias cortisol, epinephrine dan norepinephrine.

Senyawa kimia ini mampu mempercepat detak jantungmu dan tekanan darahmu.

Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa meminum kopi memberikan kita energi. Namun bagi beberapa orang, efek kopi sebagai penambah energi menjadi pudar dan berubah menjadi rasa gelisah yang membuat kita sulit untuk bersantai?

Mungkin rasa gelisah ini bisa membantumu menyelesaikan tugas kantormu dengan segera, namun jika terus terjadi dalam jangka panjang hal ini bisa berbalik membahayakan kesehatan anda.

Seiring dengan tingginya hormon penyebab stress dalam tubuh, maka proses pencernaan anda pun akan terganggu. Tubuh anda akan masuk kedalam mode siap siaga dan mengorbankan fungsi sistem pencernaan sebagai gantinya.

Kesimpulan

Banyak orang yang begitu mencintai kebiasaan mereka untuk meminum kopi sehingga membuat mereka cuek terhadap gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat rajin meminum kopi.

Jika anda mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti yang tertera diatas, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba mengurangi jumlah cangkir kopi yang anda minum tiap harinya.

Selain mengurangi jumlah kopi yang anda minum, mengganti kopi dengan minuman lain seperti green tea juga cukup ampuh untuk mengurangi efek samping minum kopi..

Itulah tadi informasi dari team diary sehat mengenai 7 efek samping minum kopi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca diary sehat yang ingin meningkatkan kualitas kesehatannya.

Karena sehat adalah pilihan

Baca Juga : Apa Itu Kombucha? Apa Manfaatnya?

You might also like More from author

Comments