Dahsyat! Ini Dia 9 Khasiat Buah Semangka

1.556

9 Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Selain lezat dan menyegarkan, ternyata buah semangka memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuhmu.

Jus buah semangka kaya akan vitamin A, vitamin C dan zat – zat hijau lainnya namun hanya memiliki kalori sebesar 46 kkal saja tiap gelasnya.

Berikut kesembilan khasiat buah semangka terhadap kondisi kesehatan tubuhmu!

1. Membantu Mengembalikan Cairan Tubuh

Meminum air bisa mengembalikan cairan tubuhmu yang hilang.

Tapi ada beberapa jenis makanan yang bisa mengembalikan cairan tubuhmu.

Semangka sendiri memiliki kandungan air sebanyak 92%! Tingginya kandungan air dalam semangka bisa menjadi penyebab dirimu merasa kenyang setelah memakannya. Kombinasi akan air dan serat yang tinggi yang dibarengi dengan kalori yang rendah membuat buah semangka menjadi buah favorit untuk disantap setelah makan.

2. Mengandung Berbagai Macam Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Buah semangka adalah salah satu buah dengan kalori terendah yaitu 46 kalori per gelas. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan buah – buahan “low-sugar” seperti strawberry.

Vitamin dan mineral yang terkandung didalam 154 gram adalah:

  • Vitamin C – 21%
  • Vitamin A – 18%
  • Potassium – 5%
  • Magnesium – 4%
  • Vitamin B1, B5 dan B6 – 3%

Buah semangka juga kaya akan beta karoten dan citrulline, yang merupakan salah satu jenis asam amino yang bermanfaat untuk tubuh.

Berikut penjabaran antioksidan yang terkandung didalam buah semangka:

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas

Karotenoid

Karotenoid adalah mineral yang berasal dari tumbuh – tumbuhan yang dimana nantinya akan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A

Lycopene

Lycopene adalah jenis karotenoid yang sangat ampuh menjadi anti oksidan dan memberikan warna merah ke sayuran seperti tomat. Lycopene diyakini membawa banyak manfaat untuk tubuh.

Cucurbitacin E

Cucurbitacin E adalah zat antioksidan yang juga berfungsi sebagai anti-inflammatory (mencegah pembengkakan dalam tubuh).

3. Buah Semangka Mengandung Zat Yang Bisa Mencegah Kanker

Para peneliti telah mempelajari lycopene dan zat – zat lainnya yang terkandung dalam semangka dan mencari tahu efek dari zat tersebut dalam mencegah kanker.

Lycopene sendiri dipercaya bisa mengurangi resiko seseorang terkena beberapa jenis kanker. Studi yang ada menunjukkan lycopene sangat ampuh mengurangi resiko kanker saluran pencernaan.

Lycopene juga bisa menurunkan insulin growth factor (IGF), protein yang berperan dalam proses pembelahan diri sel dalam tubuh. Tingginya IGF dalam tubuh berkaitan dengan resiko kanker seseorang.

Selain itu, Cucurbitacin E menunjukkan kemampuannya untuk mencegah pertumbuhan tumor dalam tubuh seseorang.

Khasiat Buah Semangka
Foto bersumber dari Seattle Times

4. Buah Semangka Mampu Menyehatkan Jantung Seseorang

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu didunia.

Beberapa faktor seperti pola makan bisa menurunkan resiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Dan salah satu khasiat buah semangka dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh.

Studi menunjukkan bahwa lycopene bisa menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah. Lycopene juga mencegah terjadinya gangguan terhadap kolesterol akibat proses oksidasi dalam tubuh.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada wanita yang telah mengalami menopause dan pria paruh baya di Finlandia, lycopene mampu mengurangi ketebalan dan melenturkan dinding pembuluh darah.

Citrulline yang terkandung dalam buah semangka mampu meningkatkan kandungan nitric oxide dalam tubuh. Nitric oxide sendiri membuat pembuluh darah membesar sehingga menurunkan tekanan darah.

Beberapa jenis vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam buah semangka juga baik untuk kesehatan jantungmu.

Vitamin dan mineral tersebut antara lain vitamin A, vitamin B6, vitamin C, Magnesium dan Potassium.

5. Rajin Makan Buah Semangka Bisa Mencegah Inflamasi

Inflamasi merupakan salah satu penyebab utama munculnya penyakit – penyakit kronis pada seseorang.

Buah Semangka sendiri memiliki mineral – mineral yang mampu mengurangi resiko inflamasi seperti vitamin C dan lycopene.

Pada sebuah studi yang berlangsung pada 2015, tikus percobaan diberikan bubuk semangka sebagai suplemen tambahan. Dibandingkan dengan tikus yang tidak diberkan bubuk semangka, tikus – tikus tersebut memiliki tingkat protein C-reaktif (salah satu pertanda terjadinya inflamasi) yang lebih rendah.

Study lainnya juga menunjukkan efek lycopene sebagai antioksidan bagi tubuh manusia. Para peserta uji coba diberikan jus tomat (yang kaya akan lycopene) yang telah diberikan vitamin C tambahan. Secara umum, resiko inflamasi mereka menurun drastis. Buah Semangka sendiri kaya akan vitamin C dan lycopene.

Zat – zat antioksidan yang ada dalam buah semangka uga baik untuk kesehatan otak kita. COntohnya, zat – zat tersebut bisa memperlambat terjadinya Alzheimer pada seseorang.

6. Buah Semangka Ternyata Sehat Untuk Kesehatan Mata

Zat – zat yang terkandung dalam buah semangka mampu mencegah kerusakan mata yang muncul seiring bertambahnya umur. Gangguan mata yang bernama age-related macular degeneration alias AMD ini bisa menyebabkan kebutaan pada mereka yang berumur lanjut.

Lycopene yang berfungsi sebagai anti-oksidan sendiri sangat ampuh mencegah terjadinya AMD pada jaringan mata seseorang.

Khasiat Buah SemangkaFoto Bersumber Dari Well Being Secret

7. Buah Semangka Mampu Menghilangkan Nyeri Otot

Citrulline, salah satu asam amino yang terkandung dalam buah semangka, bisa mengurangi rasa nyeri di otot.

Sebuah studi dilakukan dengan cara memberikan para atlit jus semangka dan jus semangka yang dicampur dengan citrulline. Kedua minuman tersebut ternyata mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan para atlit dan mempercepat pulihnya detak jantung seseorang ke tingkat normal.

Para peneliti juga melakukan penelitian mengenai penyerapan citrulline yang terjadi dalam tubuh. Penelitian mereka menunjukkan bahwa citrulline lebih cepat dan efektif diserap jika dikonsumsi dalam bentuk jus semangka.

Penelitian lainnya mengenai potensi citrulline untuk meningkatkan ketahanan dan performa para atlit masih giat dilakukan. Namun sayangnya, penelitian – penelitian tersebut belum menunjukkan hasil yang cukup signifikan.

8. Rajin Makan Buah Semangka Membuat Kulit dan Rambutmu Sehat

Vitamin A dan Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambutmu.

Vitamin C berperan untuk membantu tubuhmu memproduksi kolagen, protein yang menjaga kulitmu tetap halus dan rambutmu tidak mudah rontok.

Vitamin A juga penting bagi kesehatan kulit dikarenakan vitamin A sangat membantu dalam proses perbaikan sel dalam tubuh. Tanpa vitamin A yang cukup, kulitmu akan nampak kering dan pecah – pecah.

Lycopene dan Beta Karoten juga bermanfaat mencegah kulitmu dari sengatan sinar matahari.

9. Buah Semangka Baik Untuk Saluran Pencernaanmu

Buah Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat – keduanya merupakan kriteria penting dari makanan yang menyehatkan saluran pencernaan.

Serat yang berlebih bisa menghambat saluran pencernaanmu, sedangkan air membantu melancarkan saluran pencernaanmu.

Mengonsumsi buah – buah yang kaya akan air dan serat seperti buah semangka sangat membantu melancarkan saluran pencernaanmu terutama kesehatan usus besarmu.

Kesimpulan

Buah Semangka adalah buah yang sangat sehat dan merupakan favorit banyak orang. Khasiat Buah semangka muncul dari kandungan air dalam jumlah yang besar dan mengandung berbagai macam mineral yang baik untuk tubuh, seperti lycopene dan vitamin C.

Oleh karena itulah semangka tidak hanya berperan sebagai makanan yang rendah kalori yang nikmat dikonsumsi – Khasiat buah semangka membuat buah semangka menjadi makanan yang ‘nikmat’ untuk kesehatanmu!

Baca Juga : Manfaat Kombucha Untuk Tubuh

You might also like More from author

Comments