Teliti Sebelum Membeli – Ciri Ciri Ikan Segar

3.927

Ini Dia Ciri Ciri Ikan Segar dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Membeli ikan memberikan tantangan tersendiri. Bagi yang tidak mengetahui ciri – ciri ikan segar, salah membeli ikan akan menghantui saat berkunjung ke pasar untuk membeli ikan.

Sebaliknya, mendapatkan ikan berkualitas tinggi lebih gampang jika kamu mengetahui ciri – ciri ikan segar dan sehat. Mengecek kondisi ikan sebentar saja bisa menjadi perbedaan antara membeli ikan segar dan tidak.

Disini team diary sehat akan mengajarkanmu bagaimanakah ciri – ciri ikan segar dan sehat. Jadi nantinya kamu tidak lagi takut kena tipu saat berbelanja ikan di pasar terdekat.

Ciri – ciri ikan segar pertama : Ikan yang segar memiliki mata yang bening.

Ciri - ciri ikan segar bermata jernih
Ikan Yang Segar Memiliki mata Yang Jernih – Foto diambil dari CHEFSTEPS

Sebelum kamu memasukkan ikan kedalam keranjang belanjaanmu, ceklah kondisi mat aikan tersebut.

Mata ikan yang segar seharusnya bening, basah atau benyek, dan mengkilap dan tidak tampak tenggelam kedalam rongga kepala. Jika mata ikan yang kamu beli dalam kondisi sempurna, kami yakin ikan yang kamu beli dalam kondisi segar.

Kenapa mengecek mata ikan sebelum membeli ikan?

Karena begitu proses pembusukan terjadi, mata ikan akan mulai mengering dan menjadi berembun dan mengecil atau masuk kedalam rongga kepala. Jika ini terjadi, itu tandanya ikan tersebut kurang sehat atau terjadi kesalahan saat proses pengiriman atau penangkapan.

Ciri – ciri ikan segar kedua : Memiliki sirip yang lengkap dan utuh.

Ciri Ciri Ikan Segar Sirip Utuh
Ikan segar memiliki sirip yang utuh – foto diambil dari Google

Ikan yang segar biasanya memiliki sirip dan ekor yang utuh, masih terlihat segar atau hidup, dan tidak kering. Ikan yang memiliki masalah saat ditangkap atau dikirim ke pasar memiliki cacat dibagian siripnya.

Sedangkan jika ikan tersebut memiliki sisik yang kering dan terlihat rontok atau tidak utuh, kemungkinan ikan tersebut sudah tua.

Berapa lama suatu ikan berada dijaring juga mempengaruhi kondisi ekor dan sirip ikan tersebut.

Ciri – ciri ikan segar ketiga : Coba colek daging ikan tersebut.

Ciri ciri ikan segar dilihat dari dagingnya
Colek daging ikan sebelum membeli – Foto oleh HawkesBay

Jika sang penjual mengizinkan, cobalah untuk menyentuh daging ikan yang akan anda beli. Ikan yang segar dan sehat akan terasa dingin, basah dan agak licin saat disentuh namun tidak berlendir.

Jika anda menekan daging ikan tersebut, maka daging ikan yang masih segar akan kembali ke bentuk semula. Sama seperti jika kita mencubit atau menekan tangan kita.

Jika ternyata ikan yang anda beli terasa berlendir dan dagingnya penyok saat disentuh, itu berarti ikan yang anda beli sudah tidak segar lagi.

Ciri – ciri ikan segar keempat : Insang berwarna merah menyala

Ciri - Ciri Ikan Segar Insangnya Merah
Ikan Yang Segar Memiliki Insang Berwarna Cerah – Foto diambil dari CHEFSTEPS

Ketika membeli ikan, sempatkanlah untuk mengecek kondisi insang ikan tersebut. Ikan yang masih segar atau baru ditangkap memiliki insang yang berwarna merah menyala. Warna insang ikan sendiri menjadi lebih gelap seiring waktu.

Insang ikan yang masih segar juga nampak bersih dan terasa dingin ketika disentuh, sama sekali tidak terasa berlendir.

Mengapa insang ikan yang tidak segar berwarna gelap?

Setelah beberapa hari, insang ikan akan berubah menjadi kecoklatan bahkan menjadi berwarna hitam. Ini diakibatkan myoglobin yang berada diinsang ikan tersebut telah beroksidasi menjadi metmyoglobin.

Meningkatnya jumlah metmyoglobin menyebabkan munculnya lendir dalam insang ikan, sehingga semakin lama jarak antara ikan tersebut ditangkap dengan waktu ikan tersebut dibeli, semakin berlendir dan lengket pula ikan tersebut.

Ciri – ciri ikan segar kelima : Sisik ikan segar mengkilap dan tidak mudah rontok.

sisik ikan ciri - ciri ikan segar
Ikan yang segar memiliki sisik yang tidak mudah rontok – foto oleh Engineers Australia

Sisik berfungsi untuk melindungi ikan dari kerasnya lingkungan tempat ikan tersebut hidup. Jika ikan tersebut masih segar maka sisiknya akan terlihat mengkilap dan tidak mudah mengelupas.

Ikan yang tidak segar lagi sering terlihat dari sisik – sisiknya yang mudah mengelupas saat dipegang dan jika dilihat sekilas sisik ikan yang sudah tidak segar lagi nampak kering.

Memilih ikan yang sudah dipotong – potong atau difillet.

Jika anda lebih senang membeli daging ikan yang sudah dipotong atau difillet, maka tips dibawah ini akan menunjukkan cara memilih ikan fillet yang masih segar.

Sering kali tanda – tanda visual sudah cukup untuk membedakan ikan fillet yang masih segar dengan yang tidak, tapi ada beberapa tanda lain yang bisa membuat anda lebih yakin dengan kesegaran fillet ikan yang anda beli.

Ciri Ciri Ikan Fillet Segar
Ikan Fillet Yang Masih Segar – Foto diambil dari CHEFSTEPS

Ciri – ciri ikan fillet yang masih segar – Cek apakah ada sobekan difillet ikan tersebut

Jika anda menemukan adanya tanda – tanda bahwa ikan fillet yang anda beli robek maka bisa jadi terjadi kesalahan dalam proses pemotongan ikan tersebut. Jika otot dan lapisan kolagen mulai terpisah atau robek dari daging ikan tersebut menandakan ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Lapisan kolagen dalam ikan adalah garis putih yang muncul sepanjang daging ikan tersebut. Lapisan kolagen tersebut akan terlepas seiring waktu dikarenakan enzim yang menahan otot dan lapisan kolagen menempel didaging ikan sudah melemah dimakan waktu.

Jangan membeli fillet ikan yang berair.

Jika anda menemukan fillet ikan yang anda beli berair itu berarti fillet yang anda beli sudah tidak segar lagi. Melemahnya lapisan kolagen biasanya berdampak dengan mengeringnya daging ikan tersebut.

Itu karena enzim yang ada didalam kolagen berfungsi juga untuk menjaga kelembapan daging ikan itu sendiri. Melemahnya kolagen ikan tersebut menyebabkan kandungan air di dalam daging ikan justru merembes keluar.

Ciri – ciri ikan fillet yang masih segar kedua : Cek warna dari fillet ikan tersebut.

Untuk ikan yang memiliki daging berwarna putih, warna daging tersebut seharusnya nampak agak mengkilap / berseri. Jika daging ikan tersebut berwarna putih pucat, bisa jadi ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Untuk ikan yang memiliki daging yang berwarna lebih gelap seperti ikan tuna, warna daging seharusnya terlihat lebih terang dan kontras dibandingkan dengan lapisan otot dan kulitnya.

Pastikan fillet ikan yang anda beli dagingnya nampak basah dan mengkilap. Jika ikan tersebut terlihat kering atau berlendir bisa jadi terjadi kesalahan dalam proses pemotongan atau pengepakan. Pembekuan berulang kali atau jika daging tersebut didiamkan dalam suhu yang hangat bisa menjadi penyebab hilangnya kesegaran sebuah fillet ikan.

Memilih bagian ikan yang layak dikonsumsi.

Jika membahas bagian ikan yang aman untuk dikonsumsi, ikan bisa dibilang cukup mirip dengan anatomi hewan mamalia seperti sapi. Beberapa hal terpenting yang harus kita perhatikan saat memilih daging yang kita beli adalah bagaimana cara mengolah daging tersebut.

Beberapa bagian dari daging ikan terasa lebih baik jika dimasak, disajikan mentah – mentah seperti sushi atau dijadikan sup. Ini beberapa tips untuk memilih bagian ikan yang tepat untuk anda olah.

Ekor Ikan : Ekor ikan biasanya agak sulit untuk diolah namun harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan bagian lainnya. Ini dikarenakan ekor ikan memiliki banyak otot didalamnya ketimbang daging.

Ekor ikan sangat sering diolah menjadi saus tartar atau sup, dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut mampu melembutkan daging dan otot yang ada didalam tulang ikan.

Perut Ikan : Daging yang ada dibagian perut ikan biasanya menjadi yang berharga paling mahal. Untuk jenis ikan yang berdaging lembut dan berminyak seperti ikan tuna, daging perut ikan ini lebih enak disajikan mentah seperti sushi.

Fillet Ikan : Fillet ikan bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan dan diolah dengan berbagai macam cara. Namun perlu diingat, fillet menjadi cepat kering jika terlalu lama dimasak, jadi berhati – hatilah saat memasaknya.

Kepala Ikan : Kepala ikan mungkin hanya populer dinegara asia. Cara terfavorit untuk memasak kepala ikan adalah dengan menjadikannya sup. Dikarenakan merebus kepala ikan mampu melembutkan daging dan tulang yang ada didalam kepala sebuah ikan.

Tips Membeli Ikan Yang Sudah Dibekukan

Terkadang kita kesulitan untuk mengunjungi pasar atau tempat pelelangan ikan dikarenakan lokasinya yang jauh. Sebagai alternatif, kita memilih untuk membeli ikan yang dibekukan. Membekukan ikan sendiri adalah cara terbaik untuk menjaga kesegaran ikan yang ditangkap.

Beberapa ahli masak sendiri bahkan lebih memilih memasak ikan yang dibekukan dikarenakan pembekuan ikan memperlambat proses pembusukan yang terjadi pada ikan. Malah ikan tuna dengan kualitas terbaik biasanya dibekukan langsung setelah ditangkap dan tetap dibekukan hingga ikan tuna tersebut laku terjual.

Berikut adalah tips – tips untuk memilih dan mengolah daging ikan yang dibekukan.

Jika memungkinkan, cari tahu bagaimana ikan tersebut dibekukan.

Kesalahan terbesar yang justru sering terjadi adalah para penjual ikan seringkali membekukan ikan disaat proses pembusukan sudah mulai terjadi. Jika suatu ikan dibekukan segera setelahj ditangkap, maka dagingnya akan terasa nikmat sekali ketika diolah.

Nelayan yang handal biasanya membekukan ikan sesaat setelah ikan tersebut dibunuh. Ikan tersebut disobek perutnya agar darahnya terkuras dan langsung dibekukan dalam suhu minus 30 derajat celsius untuk mengurangi resiko rusaknya daging ikan tersebut akibat kristal es.

Cairkan ikan yang dibekukan secara perlahan.

Cara terbaik untuk melelehkan daging ikan yang dibekukan adalah dengan memasukkannya kedalam kulkas. Anda cukup meletakkan daging ikan yang dibekukan diatas loyang dan diletakkan didalam kulkas.

Setelah meletakkan daging ikan beku kedalam kulkas, tunggulah selama sekitar 24 jam. Dengan begitu kualitas dan kesegaran daging ikan yang anda beli tetap terjaga.

Itulah tips dan trik untuk memilih ikan yang segar, baik dalam bentuk ikan yang utuh, sudah dipotong ataupun dibekukan.

Semoga tips ini membantu anda mengetahui ciri – ciri ikan segar dan sehat untuk dikonsumsi sehingga mempermudah anda mendapatkan asupan nutrisi yang banyak terkandung di daging ikan yang berada dalam kondisi terbaik.

You might also like More from author

Comments