Berapakah Kecepatan Detak Jantung Normal Per Menit?

2.147

Seberapa Cepat Detak Jantung Normal Per Menit?

Denyut jantung adalah jumlah detak jantung dalam semenit. Kecepatan detak jantung normal sendiri bisa dibilang terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah detak jantung normal saat beristirahat dan ang kedua detak jantung normal saat berolahraga. Denyut jantung anda adalah salah satu indikator terbaik untuk menunjukkan apakah anda terlalu memforsir tubuh anda saat berolahraga. Lalu berapakah kecepatan detak jantung normal per menit?

Jika sebelumnya anda pernah didiagnosa dengan gangguan pada jantung anda atau dokter anda memberitahukan bahwa anda berisiko tinggi untuk mengalami gangguan kardiovaskuler, maka diskusikan masalah ini kepada dokter anda sebelum mencari tahu kecepatan detak jantung normal per menit anda.

Dengan memberitahukan riwayat kesehatan anda, dokter akan memberikan cakupan angka tentang denyut jantung yang normal pada saat beristirahat dan berolahraga.

Sangatlah membantu jika anda mengetahui beberapa pengetahuan dasar seputar denyut jantung anda sebelum anda bertanya kepada dokter anda. Dibawah ini adalah hal – hal yang perlu anda ketahui mengenai denyut jantung anda.

Bagaimana cara mengukur kecepatan denyut jantung anda?

Detak Jantung Normal Per Menit
Foto : Benphysio

Mengetahui kecepatan detak jantung normal anda sangatlah mudah, cukup dengan mengukur denyut nadi ditangan, leher atau dada anda. Pada umumnya orang mengukur denyut jantung mereka dengan meletakkan jari pada pergelangan tangan mereka.

Tekan secara perlahan pembuluh darah yang berada dipergelangan tangan anda dengan ujung jari tengah dan telunjuk anda. Jangan gunakan ibu jari karena ibu jari memiliki denyut sendiri yang bisa menganggumu mengetahui seberapa cepat denyut jantungmu.

Hitunglah seberapa banyak detak jantung yang anda rasakan dalam semenit atau menghitungnya dalam 30 detik dan mengalikan angka yang didapat sebanyak dua kali. (Jadi jika dalam 30 detik anda merasakan nadi anda berdenyut sebanyak 50 kali, makan bisa dibilang detak jantung anda adalah 100 per menit.)

Anda juga bisa menggunakan aplikasi dismartphone anda yang bisa mengukur detak jantung anda secara akurat. Anda juga bisa menyetel aplikasi tersebut untuk mengetahui apakah denyut jantung anda normal atau tidak.

Mulailah dengan mengukur kecepatan detak jantung normal per menit ketika dalam posisi beristirahat.

Mengapa Detak Jantung Lambat
Foto : Cleveland Clinic

Disarankan untuk mengukur kecepatan denyut jantung anda disaat anda dalam keadaan santai atau beristirahat. Salah satu waktu terbaik untuk menghitung denyut jantung adalah dipagi hari setelah bangun tidur, terutama jika anda habis tidur nyenyak semalaman.

Setelah anda mendapatkan seberapa cepat denyut jantung anda, maka beritahukan informasi ini kepada dokter. Anda mungkin harus mengukur denyut jantung anda beberapa kali dalam seminggu untuk memastikan bahwa hasil pengukuran anda akurat.

Menurut American Heart Association (AHA), detak jantung normal per menit orang dewasa adalah diantara angka 60 hingga 80 per menit. Bagaimanapun, faktor umur dan kebugaran mempengaruhi angka tersebut.

Berapakah kecepatan detak jantung normal per menit saat berolahraga?

 

Rajin Berolahraga UntuK Penderita Sakit Jantung 3
Foto : Je Shoots

Ketika anda sudah bisa mengukur denyut jantung anda secara akurat, anda bisa memulai untuk menghitung dan memantau detak jantung anda saat berolahraga.

Jika anda ingin mengukurnya dengan metode jari dipergelangan tangan, maka anda harus berhenti sejenak ditengah sesi olahraga untuk menghitung denyut jantung anda. Namun jika anda menggunakan aplikasi penghitung denyut jantung, anda bisa fokus berolahraga dan melihat hasilnya saat anda selesai berolahraga.

Hasil penghitungan denyut jantung anda bisa membantu dokter ahli jantung anda memberikan panduan tentang denyut jantung yang normal dan olahraga apa yang cocok untuk anda (yang membuat denyut jantung anda tetap diangka normal) sesuai dengan kondisi fisik dan umur anda.

Berikut angka detak jantung normal per menit bagi pasien jantung berusia diatas 40 tahun:

40 hingga 45 tahun : 88 – 153 detak jantung per menit,
50 hingga 55 tahun : 83 – 145 detak jantung per menit,
60 hingga 65 tahun : 78 – 136 detak jantung per menit, dan
70 tahun keatas : 75 hingga 136 detak jantung per menit.

Memulai kebiasaan baru

Ketika anda sudah mengetahui berapa detak jantung normal per menit anda, sangatlah penting untuk menggunakan informasi ini sebagai acuan seberapa keras anda harus berolahraga. Kurangilah intensitas olahraga anda jika denyut jantung anda lebih cepat dari yang disarankan oleh dokter.

Dan jika denyut jantung anda lebih lambat dibandingkan angka yang disarankan dokter, tingkatkanlah intensitas hingga msesuai dengan angka yang disarankan oleh dokter untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berolahraga.

Mulailah dengan perlahan – lahan di 2 atau 3 minggu awal anda mulai rajin berolahraga. Kemudian tingkatkan intensitas olahraga anda secara perlahan hingga mencapai bagian atas dari kecepatan denyut nadi yang disarankan oleh dokter anda.

Dengan melakukan aktifitas yang membuat denyut jantungmu berada diangka ideal maka manfaat yang didapatkan pun akan menjadi lebih maksimal.

Itulah tadi informasi mengenai kecepatan detak jantung normal per menit dan kaitannya dengan kondisi kesehatan tubuh. Harap diingat Informasi dan tips yang ada di Diary Sehat bertujuan sebagai sarana informasi dan edukasi semata.

Semua pernyataan yang tercantum di website ini belum dievaluasi oleh dinas kesehatan dan instansi berwenang lainnya.

Harap menghubungi dokter sebelum Anda melakukan perawatan terhadap penyakit Anda.

Baca Juga : Tips Untuk Pasien Jantung Agar Bisa Rajin Berolahraga

You might also like More from author

Comments