Makan Setelah Atau Sebelum Olahraga ? Ini Jawaban Ahli Gizi!

1.561

Makan Setelah Atau Sebelum Olahraga ? Mana Yang Lebih Baik ?

Secara singkat, pertanyaan diatas adalah Keduanya

Begini penjelasan mengenai kapan waktu makan yang baik, apakah itu makan setelah atau sebelum olahraga agar nutrisi yang diserap lebih maksimal.

Bagaimana dan kapan memberikan asupan nutrisi ketubuhmu memiliki pengaruh yang hampir sama bagi setiap orang. Namun olahraga yang kamu lakukan mempengaruhi apa yang harus kamu makan.

Pertanyaan diatas disampaikan oleh Dr. Nancy Cohen, kepala dari departemen penelitian mengenai nutrisi Universitas Massachusetts.

“Pada umumnya, kamu ingin mengonsumsi makanan tinggi akan karbohidrat dan protein dan rendah lemak setidaknya tiga hingga empat jam sebelum olahraga.”

Pernyataan diatas berlaku untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan atau yang ingin membentuk tubuh mereka menjadi lebih berotot.

Karbohidrat memberikan tubuhmu dengan glikogen yang sangat berguna jika kamu melakukan olahraga seperti yoga, angkat beban atau sekedar jogging.

Memotong jumlah karbohidrat secara berlebihan membuat ototmu tidak berfungsi maksimal saat berolahraga dan membuatmu rawan akan cedera.

Jika kamu ingin mengurangi berat badan, mengonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti kacang – kacangan, gandum dan sayuran seperti brokoli sangat efektif dalam membantu proses metabolisme saat berolahraga.

Sedangkan makanan olahan seperti roti, biskuit, minuman ringan justru membuatmu lapar setelah berolahraga.Sebaiknya menghindari makanan – makanan olahan jika kamu ingin mengurangi lemak dalam tubuhmu.

Dr. Cohen menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak sebelum berolahraga karena makanan berlemak lama untuk dicerna.

Lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. “Berolahraga membuat otot – ototmu rusak. Namun otot akan pulih dan menjadi lebih kuat setelah berolahraga.” Ujar Dr. Cohen.

“Protein yang tepat seperti asam amino membantu proses pemulihan otot yang terus – terusan memperbaiki dirinya sendiri selama berolahraga.”

Ternyata Pria lebih baik makan setelah olahraga sedangkan Wanita lebih baik makan sebelum olahraga.

Olahraga Sebelum Atau Sesudah Makan
Foto : Stocksnap

Penelitian terbaru menyatakan bahwa jawaban dari pertanyaan makan setelah atau sebelum olahraga bukanlah ditentukan dari jenis kelamin kita.

Hanya dengan mengatur kapan kita makan dan berolahraga, kita bisa membakar 22 persen lebih banyak lemak saat berolahraga.

Penelitian itu menyarankan pria lebih banyak membakar lemak jika makan setelah berolahraga. Wanta lebih banyak membakar lemak jika makan sebelum olahraga.

Salah satu ahli dibidang olahraga dan nutrisi, Dr Adam Collins dari University of Surrey membuktikan hal ini dengan mengadakan percobaan bersama 30 relawan terdiri dari pria dan wanita.

13 Pria dan 17 Wanita yang tidak rutin berolahraga selama empat minggu diajak untuk mengikuti tiga sesi olahraga tiap minggunya.

Sesi itu terdiri dari sekali latihan High Intensity Training (HIT), Zumba dan gabungan dari keduanya.

Mereka mengonsumsi sebuah minuman sebelum dan sesudah berolahraga. Minuman tersebut dibagi menjadi dua, non kalori dan yang mengandung jumlah kalori yang sudah ditentukan.

Dr Collins pun mengetes efek dari mengonsumsi karbohidrat setelah dan sesudah makan.

Sebelum dan sesudah masa percobaan, para dokter yang dipimpin Dr. Collins mengetes seberapa banyak lemak yang dibakar para peserta. Berat badan, lingkar pinggang, gula darah dan lemak jenuh juga ikut diukur oleh tim peneliti tersebut.

Dr. Collins menemukan bahwa wanita membakar lebih banyak lemak dibandingkan pria, dan wanita yang mengonsumsi karbohidrat sebelum berolahraga membakar lebih banyak lemak dibandingkan mereka yang mengonsumsi karbohidrat setelah berolahraga.

Jumlah perbedaan lemak yang dibakar diantara kedua kelompok wanita tersebut mencapai 22 persen!

Sedangkan untuk pria, mereka lebih sedikit membakar lemak dibanding wanita, namun mereka yang mengonsumsi karbohidrat pasca olahraga lebih banyak membakar lemak dibandingkan pria yang mengonsumsi karbohidrat sebelum berolahraga.

Dengan begitu, percobaan ini menunjukkan wanita lebih baik makan sebelum olahraga sedangkan pria lebih baik makan setelah olahraga.

Apa Yang Harus Saya Makan Setelah atau Sebelum Olahraga ?

Makan Setelah Atau Sebelum Olahraga
Jenis makanan yang kamu makan mempengaruhi efek dari makan setelah atau sebelum olahraga. Foto oleh Angela J Angele J

Menurut Dr. Rob Danoff, seorang ahli kesehatan yang mendalami ilmu nutrisi dan olahraga, mengungkapkan bahwa tubuh, terutama ginjal, tidak bisa memproses protein dalam jumlah yang banyak.

Penelitian menunjukkan hanya satu gram protein per kilogram berat badan yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan penguatan otot.

Dengan begitu, jika kita ambil contoh pria dengan berat badan 80 kilo gram hanya membutuhkan protein sebanyak 80 gram setiap harinya.

Sepotong dada ayam saja mengandung protein kurang lebih sebanyak 60 gram, jadi mengonsumsi protein ekstra setelah hanya memperberat kerja ginjalmu setelah berolahraga.

“Cukup mengonsumsi protein seperlunya,” Ujar Dr. Rob Danoff.

Selain untuk menghindari resiko rusaknya ginjal, terdapat masalah lain yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi protein.

Terlalu banyak mengonsumsi protein meningkatkan kadar keasaman dalam darahmu, yang dalam jangka panjang bisa melemahkan tulang – tulangmu.

“Adalah mitos kita membutuhkan protein dalam jumlah besar,” Ujar Dr. Danoff. “Banyak belum tentu baik.”

Waspada bahaya dehidrasi saat dan setelah berolahraga.

Bahaya Dehidrasi
Foto : Stocksnap

Selain itu, kita diwajibkan untuk tetap mengonsumsi banyak air saat berolahraga. Dehidrasi sendiri sangatlah berbahaya bagi tubuh dikarenakan berolahraga membuang banyak cairan tubuh dan kita sudah mengalami dehidrasi diakibatkan kurangnya asupan air saat tidur dimalam hari.

“Metabolisme tubuh sangatlah ditentukan dari banyaknya cairan tubuh,” Ujar Dr. Nancy Cohen. Dan kesehatan tubuh dan mentalmu akan terganggu jika kamu mengalami dehidrasi.

Jadi itulah jawaban dari pertanyaan lebih sehat mana, makan setelah atau sebelum olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa laki – laki lebih baik makan setelah olahraga untuk mempercepat proses perbaikan sel – sel dalam otot sedangkan wanita lebih banyak membakar lemak dan menyimpan karbohidrat jika makan sebelum olahraga.

Bagaimanapun makan setelah atau sebelum olahraga tidak berarti apa – apa jika kita mengonsumsi makanan yang salah dan tidak meminum air dalam jumlah yang cukup.

Baca juga : Ini Dia Penyakit Yang Muncul Akibat Makan Junk Food!

You might also like More from author

Comments