Manfaat Pisang Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

1.793

Apakah Pisang Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil?

Setiap Ibu hamil pasti memikirkan mengenai apa yang sebaiknya mereka makan dan yang tidak. Makanan sehat untuk Ibu hamil adalah pertanyaan yang muncul kepada pasangan berbahagia yang akan segera mendapatkan momongan. Dari sekian banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang mudah didapat. Buah pisang merupakan salah satunya. Manfaat pisang terhadap kesehatan ibu hamil telah diakui oleh para ahli gizi dari masa ke masa.

Melahirkan seorang buah hati merupakan salah satu pengalaman paling berharga yang didambakan mungkin hampir semua wanita diseluruh dunia.

Oleh karena itu banyak Ibu hamil yang berusaha sebaiknya memenuhi nutrisi mereka agar tercukupi agar kesehatan janin mereka tetap terjaga hingga tiba hari kelahiran.

Diperlukan informasi secukupnya mengenai makanan sehat untuk ibu hamil. Kali ini kita akan membahas manfaat pisang bagi kesehatan kandungan atau manfaat pisang sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

Mengapa Pisang Adalah Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil?

Seorang Ibu yang mengonsumsi buah – buahan dan sayuran yang cukup membantu meningkatkan dan menjaga kondisi janin mereka. Manfaat pisang sebagai makanan sehat untuk ibu hamil merupakan salah satu informasi yang para calon Ibu harus ketahui.

Pisang kaya akan kalsium, potassium dan berbagai macam nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan Ibu dan janinnya. Jadi para calon Ibu disana yang bingung mau makan apa karena khawatir dengan kondisi janinnya, coba intip yuk manfaat pisang untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Manfaat Pisang Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil ShutterstockFoto : Shutterstock

Dibawah ini adalah 14 manfaat pisang sebagai buah yang baik untuk Ibu hamil :

1. Pisang membantu memenuhi kebutuhan Ibu hamil akan asam folat.

Asam folat merupakan zat yang berperan penting terhadap pertumbuhan sel syaraf, otak, dan sumsum tulang belakang dari Janin yang sedang tumbuh dalam kandungan.

Kekurangan asam folat bisa menyebabkan kelahiran prematur atau bayi tersebut lahir dengan kekurangan fisik.

Pisang banyak mengandung asam folat. Karena kemudahannya untuk dikonsumsi, asam folat yang ada dalam pisang sangat mudah diserap oleh janin yang berada dalam kandungan para Ibu hamil.

2. Pisang mengurangi resiko anemia terhadap Ibu hamil.

Salah satu gangguan kesehatan yang muncul pada ibu hamil adalah anemia, yang biasanya diakibatkan oleh komplikasi yang terjadi saat tahap terakhir kehamilan atau bahkan saat proses persalinan berlangsung.

Pisang merupakan salah satu buah – buahan yang kaya akan zat besi. Dengan mengonsumsi zat besi yang cukup, maka proses produksi hemoglobin dalam tubuh akan meningkat dan mengurangi munculnya gejala – gejala anemia.

3. Rajin makan pisang bisa membantu Ibu hamil terhindar dari konstipasi.

Konstipasi merupakan salah satu masalah yang sering menghinggapi para ibu hamil.

Untuk meredakan konstipasi secara alami, perut kembung dan memastikan proses pencernaan pada usus besar berjalan lancar, para ibu hamil disarankan untuk rajin mengonsumsi pisang.

Buah Pisang mengandung serat – serat yang membantu melancarkan proses pencernaan di usus besar.

4. Pisang merupakan sumber kalsium alami.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Baik untuk anak kecil dan mereka yang sudah dewasa.

Buah pisang merupakan salah satu buah – buahan yang banyak mengandung kalsium, sehingga mengonsumsi buah pisang bisa membantu para ibu hamil mencukupi kebutuhan akan kalsium.

Kalsium yang dicerna ibu hamil berperan membantu pertumbuhan rangka dan tulang dari janin yang dikandungnya.

5. Manfaat pisang sebagai buah yang meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Mengonsumsi pisang pada saat kehamilan bisa membantu ibu hamil memperoleh asupan vitamin B6.

Vitamin B6 berfungsi sebagai vitamin yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan begitu sang ibu akan terhindar dari beberapa jenis gangguan kesehatan, seperti anemia.

6. Buah pisang mengandung banyak anti oksidan.

Ternyata buah pisang kaya akan vitamin C.

Vitamin C adalah anti oksidan yang sangat efektif melawan proses penuaan. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan ketahanan sistem imun sang Ibu sehingga menghindarkan sang Ibu dan janin dari berbagai macam gangguan penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri dan virus.

7. Rajin senam ibu hamil? Buah pisang kaya akan protein yang sangat bermanfaat bagi para ibu yang sering melakukan senam kehamilan.

Protein sering dikaitkan dengan pertumbuhan fisik seseorang dan pisang adalah buah – buahan yang kaya akan protein.

Ibu – ibu yang rajin mengikuti senam ibu hamil disarankan untk mengonsumsi pisang sebelum berolahraga. Dikarenakan protein dalam buah pisang mempercepat proses pemulihan tubuh.

Manfaat Pisang Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menyusui AllParentingFoto : AllParenting

8. Sering mual? Makan pisang bisa mengurangi rasa mual dipagi hari.

Sering merasa mual dipagi hari? Para ibu hamil pasti pernah mengalaminya.

Rasa mual sering kali terjadi pada tiga bulan pertama dari masa kehamilan. Para ahli kesehatan mengamati bahwa jika seorang ibu rajin makan pisang pada awal – awal masa kehamilan maka rasa mual yang sering terjadi akan berkurang.

9. Buah pisang mampu menstabilkan tekanan darah ibu hamil.

Tekanan darah merupakan momok bagi para ibu hamil. Tekanan darah yang naik turun sering membuat para ibu hamil khawatir dan mengonsumsi obat – obatan sering menimbulkan kekhawatiran terhadap kondisi janin.

Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang memilih mengatasi masalah terkait naik turunnya tekanan darah dengan mengonsumsi makanan – makanan sehat.

Pisang sendiri kaya akan potassium, yang dimana sangat efektif dalam menjaga tekanan darah tetap dalam level yang sewajarnya dan tidak memiliki efek samping terhadap tumbuh kembang janin.

Potassium juga membantu meringankan kram dan pegal yang sering hinggap pada para ibu hamil.

10. Makan pisang memberikan ibu hamil tenaga ekstra untuk beraktifitas.

Tidak ada yang bisa mengalahkan pisang sebagai sumber energi. Sebuah pisang yang dikonsumsi dengan segelas susu memberikan asupan tenaga yang hampir sama dengan satu porsi makanan yang ibu makan saat makan siang.

Pisang mengandung 3 macam gula alami yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa yang berfungsi sebagai sumber energi yang ampuh buat semua orang dari berbagai kalangan umur.

Oleh karena itu, jika seorang ibu hamil merasa agak kelelahan, memakan sebuah pisang bisa membantu menyegarkan kembali tubuh sang ibu.

11. Memakan pisang bisa membantu mengurangi kebiasaan jajan yang tidak sehat.

Pisang kaya akan karbohidrat yang baik untuk tubuh, dan jauh lebih sehat daripada mengonsumsi jajan atau coklat.

Dengan memakan pisang, ibu hamil akan merasa lebih kenyang sehingga menghindarkan ibu tersebut dari kebiasaan ngemil yang bisa beradampak buruk untuk kesehatan ibu dan bayinya.

Selain itu, perasaan kenyang yang timbul setelah memakan pisang juga bertahan cukup lama.

12. Manfaat pisang dalam menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

Sangatlah penting bagi seorang ibu untuk memperhatikan kadar gula darah dan kolesterol selama masa kehamilan.

Hal diatas semakin penting jika anda memiliki riwayat diabetes. Memakan pisang bisa menghindarkan ibu hamil dari kadar gula darah atau kolesterol yang melonjak tinggi jika rajin dikonsumsi selama masa kehamilan.

13. Pisang sebagai penghilang stress alami.

Yup, ibu hamil sering sekali merasa stress selama masa kehamilan, baik dari faktor lingkungan atau psikologis.

Buah pisang sendiri terkenal dikarenakan khasiatnya sebagai penghilang stress alami. Zat – zat yang terkandung dalam pisang ternyata mampu mengurangi rasa stress dan kecemasan pada orang yang memakannya.

Jadi jika ibu sedang merasa stres tidak ada salahnya untuk mengambil sebuah pisang dan menikmatinya.

14. Manfaat pisang sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui.

Air Susu Ibu atau ASI kaya akan antibodi yang melawan berbagai macam penyakit yang bisa menyerang bayi anda. ASI juga kaya akan nutrisi alami yang jauh lebih baik ketimbang yang ada di susu formula.

Jadi jika anda adalah seorang ibu menyusui, maka ketahuilah manfaat pisang sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Pisang kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral yang nantinya akan menambah kualitas ASI dari ibu yang rajin mengonsumsi pisang selama masa menyusui.

Seberapa banyak pisang yang bisa saya makan dalam sehari selama masa kehamilan?

Para peneliti dari benua Eropa menyarankan agar para ibu hamil mengonsumsi setidaknya dua hingga tiga buah pisang setiap hari untuk memastikan tubuh anda memiliki potasium yang cukup. Dengan begitu para ibu hamil terhindari dari berbagai macam penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah yang bisa beresiko menyebabkan stroke.

Kesimpulan

Itulah tadi keempat belas manfaat pisang sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Selain mengandung berbagai macam protein dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu dan janin, ternyata pisang bisa menghilangkan stress dan meningkatkan kualitas ASI seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Semoga informasi mengenai manfaat pisang sebagai buah yang baik untuk ibu hamil ini bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Manfaat Rajin Makan Pisang Ambon

Baca Juga : Rajin Makan Pisang Bisa Mencegah 13 Penyakit Ini!

You might also like More from author

Comments