Ini 5 Manfaat Buah Pisang Susu Merah

2.146

Apa Manfaat Pisang Susu Merah Untuk Kesehatan?

Pisang adalah salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis pisang yang beredar dipasaran. Kali ini tim Diary Sehat akat membahas mengenai manfaat pisang susu merah atau yang memiliki nama latin Musa accuminata.

Sekilas Mengenai Pisang Susu Merah

Pisang susu merah adalah varietas pisang yang berwarna ungu kemerahan. Pisang ini memiliki warna daging berwarna kuning dengan rasa mirip campuran antara pisang dan raspberry. Pisang ini berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat. Pisang susu merah sendiri memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, sehingga tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Manfaat pisang susu merah untuk kesehatan antara lain:

Pisang susu merah rendah akan kalori

Sama seperti buah lainnya, buah pisang susu merah merupakan buah yang lezat tapi rendah kalori. Pisang susu merah berukuran sedang sendiri hanya mengandung kalori sebesar 110 kkal.

Dengan memasukkan pisang susu merah sebagai makanan penutup anda saat makan siang atau makan malam bisa membantumu merasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Hal tersebut sangat membantumu mengendalikan asupan kalori harian untuk alasan kesehatan atau menjaga berat badan.

Pisang susu merah kaya akan serat

Salah satu manfaat pisang susu merah adalah memakannya dapat membantumu memenuhi kebutuhan serat harianmu. Sebuah pisang susu merah berukuran sedang memiliki serat sebanyak 4 gram atau setara dengan 16 persen kebutuhan serat tubuhmu.

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna tubuhmu. Wanita sendiri membutuhkan serat sebanyak 25 gram setiap harinya, dan pria membutuhkan serat sekitar 38 gram per hari.

Dikarenakan sistem pencernaan tidak dapat mencerna serat, serat dapat memperlambat proses pencernaan, dimana membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat mengurangi resikomu terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Pisang susu merah kaya akan potasium

Pisang susu merah merupakan sumber potasium terbaik. Satu pisang susu merah berukuran sedang mengandung 400 miligram potasium, yang memenuhi 11% dari kebutuhan potasiummu per hari. Potasium adalah mineral dan elektrolit, dimana asupan dalam jumlah yang tepat membantu jantungmu berfungsi dengan baik, menyehatkan otot dan saluran pencernaan.

American Heart Association menyarankan agar orang – orang rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dikarenakan makanan tersebut efektif menurunkan tekanan darah.

Namun jika anda memiliki riwayat penyakit ginjal, anda harus membatasi jumlah potasium yang anda konsumsi.

Manfaat Pisang Susu Merah

Foto : IndiaMART

Pisang susu merah kaya akan vitamin B6

Vitamin B6 adalah vitamin yang mudah larut dalam air yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Vitamin B6 juga dibutuhkan hemoglobin, protein yang bertugas untuk membawa oksigen keseluruh tubuh.

Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan anemia. Mengonsumsi satu buah pisang susu merah berukuran sedang memenuhi seperlima kebutuhan vitamin B6 mu dalam sehari.

Pisang susu merah merupakan sumber vitamin C

Pisang susu merah juga merupakan sumber vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuhmu.

Satu buah pisang susu merah berukuran sedang mampu memenuhi kebutuhan akan vitamin C per harimu sebanyak 15 persen.

Vitamin C memberikan tubuhmu pertahanan akan radikal bebas, sehingga resiko dirimu terkena penyakit jantung atau beberapa jenis kanker menjadi berkurang.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai manfaat pisang susu merah untuk kesehatanmu. Ternyata buah eksotis ini tidak hanya lezat namun juga baik buat kesehatanmu ya.

Baca Juga : Cegah 13 Penyakit Ini Dengan Rajin Makan Pisang

You might also like More from author

Comments