13 Gangguan Kesehatan Ini Bisa Dicegah Kalau Rajin Makan Pisang

1.628

Apa sih manfaat rajin makan pisang ?

Ada hal yang menarik mengenai manfaat yang kamu dapatkan kalau kamu rajin makan pisang.

Pisang sendiri mengandung tiga jenis gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Pisang sendiri kaya akan serat yang mudah dicerna sehingga nutrisi yang terkandung didalamnya cepat diserap oleh tubuh sehingga manfaat yang kamu dapatkan dari rajin makan pisang ada yang terasa instan.

Namun bukan itu saja manfaat yang kamu dapat dari rajin makan pisang. Mengonsumsi pisang dapat menghindarkanmu dari kedua belas gangguan penyakit berikut ini:

Depresi

Menurut sebuah studi yang dilaksankan kepada beberapa orang yang mengalami depresi, banyak yang merasa dirinya lebih baik setelah mengonsumsi sebuah pisang.

Ini disebabkan oleh kandungan tryptophan yang ada didalam pisang. Tryptophan adalah protein yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, senyawa yang membuat tubuhmu menjadi lebih rileks dan membuatmu merasa lebih bahagia.

Siapa sangka ya ternyata rajin makan pisang bisa bikin kamu bahagia.

Baca juga : Sedih! Vokalis Linkin Park Bunuh Diri Karena Depresi.

Pre Menstrual Syndrome atau PMS

Buat sahabat diary sehat yang datang bulan pasti tau keselnya kalau lagi datang bulan. Coba deh makan pisang kalau lagi PMS.

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dengan kadar gula darah yang stabil maka moodmu pun akan menjadi lebih baik. Percaya deh!

Anemia

Buah pisang kayak akan zat besi. Jika sahabat diary sehat rajin mengonsumsi pisang maka produksi hemoglobin dalam tubuh akan meningkat sehingga mengurangi resiko kamu terkena anemia.

Buah pisang juga bisa bikin tidur menjadi nyenyak. Sudah banyak kasus dimana seseorang terkena anemia akibat kurang istirahat. Memakan pisang sebelum tidur membantu istirahatmu jadi lebih berkualitas.

Tekanan Darah Tinggi

Buah pisang ini ajaibnya mengandung begitu banyak potassium namun mengandung sedikit sodium didalamnya. Rendahnya sodium dalam pisang merupakan kabar bahagia bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Kementrian Makanan dan Obat Amerika Serikat saja menyarankan agar pelaku industri makanan yang berbahan pisan untuk mencantumkan manfaat pisang untuk melawan tekanan darah tinggi dalam kemasan produk mereka.

Kekuatan Otak

200 pelajar berasal dari Twickenham School Inggris raya diminta untuk memakan sebuah pisang pada saat sarapan dan makan siang selama seminggu pada periode ujian disekolah mereka.

Hasilnya para pelajar itu mendapatkan nilai rata – rata yang lebih tinggi daripada sama sekali tidak mengonsumsi pisang saat sarapan dan makan siang. Potassium diduga mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi.

Konstipasi

Kaya akan serat membuat pisang bisa membantumu mengatasi konstipasi. Cukup memakan sebuah atau dua buah pisang jika sakit perut maka kamu tidak perlu lagi minum obat – obat pencahar perut yang efek sampingnya lumayan lama.

Jantung Serasa Terbakar

Pisang memiliki kandungan senyawa yang bisa meringankan rasa terbakar yang sering terjadi pada penderita penyakit jantung. Jika mendadak dada serasa panas disarankan untuk memakan sebuah pisang untuk meringankan rasa terbakar tersebut.

Rajin Makan Pisang Pangkal Sehat
Ada peribahasa berbunyi “A Banana every day keeps the doctor away” – foto Mom Junction

Mual di Pagi Hari

Rajin makan pisang setelah makan pagi, makan siang dan makan malam membuat kadar gula darahmu menjadi stabil dan kamu pun akan lebih jarang merasa mual dipagi hari.

Gigitan Nyamuk

Sebelum kamu mengoleskan salep keluka bekas gigitan nyamuk, coba gosok area yang digigit nyamuk dengan bagian dalam dari kulit pisang.

Kulit pisang terkenal sebagai alternatif untuk menghilangkan rasa gatal setelah digigit oleh nyamuk.

Gangguan Sistem Saraf

Rajin makan pisang akan membuat kebutuhanmu akan vitamin B terpenuhi. Vitamin B sendiri mampu menenangkan sistem saraf sehingga kamu akan merasa lebih tenang dan segar.

Obesitas

Sebuah studi dari Insitut Psikologi di Austria menemukan bahwa stress dari tempat kerja sering membuat orang untuk makan sembarangan.

Dari 5.000 pasien yang termasuk menderita obesitas, peneliti menemukan bahwa pasien dengan tingkat obesitas tertinggi memiliki pekerjaan yang penuh dengan tekanan.

Studi ini menyimpulkan, untuk mengurangi rasa lapar yang disebabkan oleh panik, kita harus mengendalikan kadar gula darah kita dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat. Pisang merupakan makanan yang tepat untuk mengendalikan kadar gula darah kita sehingga rasa lapar yang diakibatkan stress pun akan lebih terkendali.

Maag

Pisang merupakan makanan yang sering digunakan pada pasien yang mengalami gangguan disaluran pencernaan. Ini semua disebabkan dari tekstur pisang sendiri yang lembut dan mudah dicerna.

Pisang mampu menurunkan kadar asam dalam tubuh dan mengurangi iritasi yang terjadi dalam saluran pencernaan sehingga mencegah terjadinya maag akibat naiknya asam lambung.

Mengatur Panas Tubuh

Masih banyak budaya yang percaya bahwa rajin makan pisang bisa menenangkan seseorang baik secara fisik ataupun mental. Di Thailand sendiri para ibu hamil disarankan untuk rajin makan pisang agar suhu tubuhn sang ibu dan bayi berada pada temperatur yang “sejuk”.

Wow, ternyata ada banyak ya manfaat dari rajin makan pisang.

Bahkan jika dibandingkan dengan buah lainnya yang sering dimakan seteah makan seperti apel, pisang masih jauh lebih unggul.

Pisang memiliki protein empat kali lebih banyak daripada apel, karbohidrat dua kali lebih banyak, fosfor tiga kali lebih banyak, dan vitamin A serta zat besi yang lima kali lebih banyak daripada apel.

Jadi gimana sahabat diary sehat? Rajin makan pisang ternyata bisa membuatmu tetap sehat dan jauh dari seramnya gangguan kesehatan yang sering dialami oleh orang lain.

Artikel lain yang mungkin tertarik untuk sahabat diary sehat baca :

Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan Tubuh

You might also like More from author

Comments