Dari Bos Resek Ampe Temen Nyebelin! Ini Penyebab Stress di Tempat Kerja

2.197

Boss kamu resek? Pekerjaan numpuk tapi deadline udah deket? Atau salah satu teman kantor kamu nyebelin? Mungkin mereka adalah penyebab stress di tempat kerja yang kamu hadapi.

Mereka yang pernah merasakan bekerja di kantor pasti pernah merasakan betapa stressnya pekerjaan yang mereka lakoni. Penyebab stress di tempat kerja sendiri bisa bermacam – macam.

Setiap pekerjaan memiliki suatu faktor yang sering menyebabkan seseorang menjadi stress. Mengerjakan sesuatu yang kamu suka juga belum tentu pekerjaan tersebut bebas dari intaian stress.

Kamu pasti pernah merasa stress akibat deadline atau tenggat waktu yang sudah mepet. Atau kamu stress akibat beratnya tugas yang diberikan oleh atasan.

Namun bahaya stress di tempat kerja adalah ketika stress tersebut berlanjut secara berkepanjangan. Ketika stress di tempat kerja telah menjadi kronis, kesehatan fisik dan mentalmu menjadi taruhannya.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, 65 persen penduduk Amerika Serikat mengatakan bahwa pekerjaan menjadi sumber stress yang mereka alami.

Menurut American Psychological Association’s (APA) tentang survey tingkat stress penduduk tahunan, sebanyak 37 persen penduduk Amerikan mengatakan mereka mampu mengatasi stress di tempat kerja.

Pada sebuah survey pada tahun 2013 yang dilakukan oleh APA menemukan bahwa stress di tempat kerja mulai menjadi isu yang serius.

Sepertiga pekerja di Amerika Serikat dianggap mengalami stress kronis dan 36 persen dari mereka mengaku bahwa mereka tidak bisa mengatasi atau meringankan stress mereka saat berada di tempat kerja.

Stress di tempat kerja sendiri merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun kamu bisa mengambil tindakan untuk mengurangi atau mengatasi stress yang ditimbulkan dari pekerjaan itu sendiri.

Macam – Macam Penyebab Stress di tempat Kerja

Banyak orang yang sebenarnya mencintai apa yang mereka kerjakan namun tidak suka dengan lingkungan dimana mereka bekerja.

Ada juga situasi dimana seseorang menyukai lingkungan dan teman – teman kerja mereka, namun mereka tidak menikmati bahkan membenci pekerjaan mereka.

Dan bahkan ada yang tidak menyukai lingkungan dan pekerjaan mereka.

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa stress saat bekerja. Namun untuk mengetahui cara terbaik yang cocok untukmu, kamu harus mengetahui apa yang menyebabkan munculnya stress di tempat kerja.

stress akibat bos galak
Bos galak bikin pegawai cepet stress – foto Pexels

Penyebab Stress Di tempat Kerja #1 : Diakibatkan Oleh Permintaan Bos

Hampir semua orang mungkin pernah bekerja untuk seorang bos yang perfeksionis. Bos perfeksionis sendiri sering mengganjar sebuah kesalahan kecil dengan kritikan yang pedas atau tindakan disiplin.

Atau, bos anda kurang paham mengapa anak kamu yang sakit dirumah membutuhkan perhatian kamu seharian sehingga kamu harus mengambil izin tidak masuk.

Seorang bos yang sering meminta sesuatu dari pegawainya merupakan salah satu penyebab utama dari stress yang timbul di tempat kerja.

Selain menimbulkan stress, bos galak juga membuat karyawannya merasa tidak diharga dan cenderung kesal saat bekerja disana.

Tidak ada yang membuat suasan dikantor menjadi lebih buruk ketika para karyawan dating kekantor merasa seperti seorang pecundang yang tidak bisa bekerja dengan benar.

penyebab stress akibat konflik antar pegawai
Perselisihan antara teman kantor bisa bikin stress Read It Later

Penyebab Stress di tempat kerja #2 : Konflik dengan teman satu kantor

Beberapa orang pernah mengalami konflik dengan teman satu kantor. Konflik dengan teman sekantor wajar terjadi karena lingkungan kerja sendiri terdiri dari orang – orang yang memiliki sifat dan kepribadian bermacam – macam.

Ketika kamu menempatkan seseorang dengan kepribadian dan sifat bermacam – macam dilingkungan yang penuh dengan tekanan, konflik pribadi atau perselisihan acap kali muncul.

Kondisi ekonomi yang buruk serta hal yang terjadi dirumah bisa membuat konflik diantara karyawan memanas dengan cepat.

Konflik ini tidak hanya menimbulkan stress bagi pihak yang terlibat, namun ke beberapa orang yang memiliki hubungan dekat dengan mereka juga.

stress akibat pekerjaan menumpuk
Pekerjaan numpuk bikin karyawan stress Pexels

Penyebab Stress di tempat Kerja #3 : Pekerjaan Yang Menumpuk

Ketika sebuah perusahaan sedang dalam proses “perampingan” atau PHK, pekerjaan yang dulu dipegang oleh pegawai atau karyawan yang dipecat atau mengundurkan diri sering dilimpahkan ke mereka yang masih bertahan.

Ini menyebabkan para karyawan yang masih bertahan mendapatkan tugas berlipat – lipat dari yang mereka kerjakan sebelumnya.

Ini menyebabkan kurangnya waktu untuk bersosialisasi dan beristirahat bagi para karyawan tersebut. Kurangnya waktu bersosialisasi dan beristirahat membuat para karyawan stress.

Menumpuknya tugas yang tidak diiringi dengan kenaikan gaji sudah bukan rahasia lagi adalah salah satu penyebab stress di tempat kerja.

stress karena takut kehilangan pekerjaan
Takut kehilangan pekerjaan bisa membuat stress – foto Pexels

Penyebab stress di tempat kerja #4 : Takut Kehilangan Pekerjaan

Setelah melihat beberapa karyawan kamu dipecat akibat tidak memenuhi target, sudah sewajarnya karyawan lainnya merasa bagai di ujung tanduk.

Karyawan lain bertanya – Tanya apakah performa mereka sudah sesuai dengan harapan perusahaan, kecemasan ini berakar dari rasa takut seseorang akan kehilangan pekerjaan.

Untuk meringkan rasa takut tersebut, beberapa karyawan memutuskan untuk bekerja lebih keras mengorbankan waktu istirahat mereka. Beberapa bahkan rela lembur tidak dibayar.

Selain kurangnya waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran, pihak manajemen sendiri terus menekan anda untuk bekerja memenuhi target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini justru menambah beban mental karyawan tersebut.

Inilah penyebab stress di tempat kerja yang bahkan masih menghantui mereka saat sudah berada dirumah.

kurangnya komunikasi antar karyawan
Kurang komunikasi bisa bikin karyawan stress – foto Pexels

Penyebab stress di tempat kerja #5 : Kurangnya Komunikasi Antara karyawan dengan atasan

Ketika kamu terbiasa bekerja dilingkungan dimana komunikasinya bersifat terbuka dan terus terang, dan seketika saja keterus terangan tersebut hilang begitu saja pasti membuat seseorang bertanya – Tanya akan apa yang sebenarnya terjadi.

Kurangnya komunikasi antar karyawan dan Antara atasan dengan karyawan merupakan penyebab umum seseorang mengalami stress di tempat kerja.

Hal ini akan berujung kepada kesalah pahaman Antara karyawan antar divisi yang membuat banyak gossip beredar dan kecemasan berlebihan dilingkungan tempat kerja.

salah paham antar pegawai
Waspada stress akibat kesalah pahaman – foto Pexels

Penyebab stress di tempat kerja #6 : Budaya saling menyalahkan

Beberapa perusahaan cenderung takut mengambil resiko sehingga sangat takut untuk melakukan kesalahan. Nah apa yang terjadi jika terjadi suatu kesalahan dalam perusahaan tersebut?

Seringkali lingkungan kerja yang terlalu ketat dan kurang berani mengambil resiko membuat karyawannya menjadi saling menyalahkan saat suatu kesalahan terjadi.

Budaya saling menyalahkan ini membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman sehingga para karyawan merasa mereka masuk kerja hanya untuk menjadi kambing hitam dari kesalahan seseorang.

Tidak sedikit dari mereka yang merasa dirinya menjadi kambing hitam menjadi stress yang tidak hanya mempengaruhi performa mereka dikantor namun membuat mereka gelisah bahkan seusai jam kantor.

dibully di tempat kerja
Dibully di tempat kerja – foto RAWPIXEL

Penyebab stress di tempat kerja #7 : Bullying atau menjadi bahan ejekan di kantor

Tidak sedikit pula terjadi kasus dimana salah satu karyawan yang mungkin dari segi penampilan kurang menarik menjadi bahan bercandaan oleh rekan kerjanya.

Walau mungkin pada awalnya memang berniat bercanda, tindakan ini bisa membuat pihak yang dijadikan bahan bercanda merasa kurang percaya diri sehingga membuat dirinya tertekan untuk ketika memasuki kantor.

Korban perundungan atau bully dikantor sendiri lama kelamaan akan menampilkan sikap apatis atau cuek sehingga menyebabkan hal sepele yang pada awalnya sebuah candaan menjadi konflik pribadi yang mempengaruhi ketenangan yang ada ditempat kerja itu sendiri.

Jadi berhati – hatilah saat bercanda dikantor, bisa jadi candaan yang kamu lontarkan menjadi penyebab stress di tempat kerja yang dialami teman kerjamu.

stress akibat gaji kecil
Gaji kecil merupakan penyebab stress di tempat kerja

Penyebab stress di tempat kerja #8 : Gaji yang dirasa tidak cukup

Sama seperti dengan alasan mengenai pekerjaan yang menumpuk, banyaknya pekerjaan dengan tenggat waktu yang mepet disertai tidak sepadannya gaji yang diterima bisa mempengaruhi kondisi seorang karyawan.

Untuk menghilangkan stress sendiri, salah satu cara terbaik adalah dengan mengeluarkan uang untuk hal yang kamu nikmati. Dengan gaji yang kurang memadai maka pilihan kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress pun berkurang.

Tidak jarang malah seseorang memutuskan untuk mengambil pekerjaan sambilan diluar jam kantor untuk menambah penghasilan mereka. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan pun mereka harus rela mengorbankan waktu bersantai mereka.

Tingginya kebutuhan hidup yang tidak diseimbangi dengan gaji yang memadai merupakan salah satu penyebab stress di tempat kerja yang umum dialami orang – orang Indonesia.

stress akibat pekerjaan membosankan
Pekerjaan yang membosankan bisa membuat stress lho – foto Pexels

Penyebab stress di tempat kerja #9 : Pekerjaanmu membosankan

Tidak ada orang yang diciptakan sama, setiap orang memiliki preferensi tentang hal yang mereka sukai.

Preferensi ini mempengaruhi bagaimana seseorang bekerja. Ada yang senang mengerjakan hal yang berkaitan dengan hitung – hitungan seperti akuntansi. Ada yang senang memperbaiki sesuatu.

Ada yang senang bekerja didalam ruangan jauh dari hiruk pikuk dan terik matahari. Ada juga yang memilih untuk bekerja diruang terbuka.

Ketidak cocokan sebuah pekerjaan dengan preferensi yang mereka miliki sering menjadi penyebab stress yang dialami seseorang.

Mereka mungkin memiliki hobi untuk mengurangi rasa stress yang mereka alami di tempat kerja, namun kurangnya waktu sering menjadi kendala bagi mereka untuk melepaskan stress yang sudah menumpuk.

tempat kerja tidak nyaman
Lingkungan kerja tidak nyaman membuat karyawan cepat stress – foto Asim Almanat

Penyebab stress di tempat kerja #10 : Lingkungan kerja yang tidak nyaman

Kondisi lingkungan tempat kerja mempengaruhi tingkat stress karyawan yang bekerja disana.

Tempat kerja yang terlalu panas atau terlalu dingin, bangku yang kurang nyaman, tempat kerja yang terlalu bising atau kurang mendapatkan pencahayaan yang cukup, atau peralatan kerja seperti printer atau computer yang sering bermasalah bisa menjadi faktor stress di tempat kerja.

Itulah kesepuluh hal yang sering menyebabkan seseorang menjadi stress saat bekerja. Kurangnya kegiatan yang bisa meredakan stress yang mereka alami seperti waktu istirahat yang kurang atau lembur membuat stress yang dialami menumpuk dan bisa membahayakan kesehatan karyawan itu sendiri.

Saya sering stress di tempat kerja nih, bagaimana dong?

Untuk mengurangi stress yang timbul saat bekerja, cobalah untuk mengambil tindakan terhadap hal – hal yang bisa kamu kendalikan secara langsung.

Hal – hal yang dimaksud diatas adalah hal sebagai berikut :

  • Jika kamu memiliki masalah dengan rekan kerjamu, carilah cara untuk menyelesaikan masalah dengan baik – baik. Biasanya masalah yang terjadi di kantor terjadi akibat urusan sepele.
  • Jika bos kamu terlalu galakm carilah cara untuk menegurnya dengan sopan.
  • Jika pekerjaan kamu terlalu banyak, cobalah bagi tugasmu dengan rekan kerja satu tim mu jika memungkinkan.
  • Jangan hiraukan gossip dikantor, dan jangan buat dirimu menjadi bahan gossip atau tukang gossip di kantor.

Stress yang muncul di tempat kerja tidak bisa dihindari. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi stress di tempat kerja. Memahami apa saja yang menyebabkan stress tersebut muncul bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk menanggulangi stress yang kamu alami di tempat kerja.

Baca Juga : Stress ? Ini manfaat meditasi yang kamu harus ketahui

You might also like More from author

Comments