Tips Rajin Berolahraga Untuk Penderita Sakit Jantung

1.241

Pentingnya Berolahraga Bagi Penderita Sakit Jantung.

Jika anda termasuk seseorang yang baru saja mengalami serangan jantung atau sangat beresiko terkena serangan jantung, maka para dokter ahli mungkin akan menyarankan anda untuk mulai rajin berolahraga.

Mengubah gaya hidup sehari – hari merupakan suatu hal yang bisa membuat kita frustasi dan cepat menyerah. Dengan setumpuknya aktivitas baik dikantor dan dirumah, meluangkan waktu sejenak untuk berolahraga terkadang menjadi beban bagi beberapa penderita sakit jantung.

Walau begitu, aktivitas fisik merupakan kunci utama untuk menjaga kondisi jantung anda. Rajin berolahraga ketika anda telah didiagnosa mengidap gangguan jantung memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Memperkuat otot jantungmu,
  • Menurunkan tekanan darah dan kolesterol,
  • Mengendalikan kadar gula dalam darah,
  • Menjaga berat badan,
  • Menjaga tulangmu tetap kuat, dan
  • Merasa lebih segar baik secara fisik ataupun mental.

Nah ternyata banyak kan manfaat dari rajin berolahraga untuk penderita sakit jantung? Trik terbaik untuk mulai rajin berolahraga adalah untuk memulainya secara pelan – pelan.

Sangatlah penting untuk berdiskusi dengan dokter anda mengenai jenis kegiatan atau olahraga apa yang cocok untuk anda. Dokter ahli jantung biasanya bisa memberikan anda rekomendasi jenis olahraga terbaik yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik anda.

Usahakan untuk berbicara dengan dokter anda sebelum meningkatkan intensitas olahraga yang anda ikuti jika anda mengidap diabetes atau dada anda terasa sesak saat berolahraga.

Ketika anda telah menemukan jenis olahraga yang cocok, cobalah pertimbangkan tiga poin penting yang diberikan oleh American Health Association kepada para penderita jantung yang ingin memulai gaya hidup yang aktif.

Rajin Berolahraga Untuk Penderita Sakit Jantung 2
Foto : Gratisography

Apa Saja Ketiga Poin Penting Rajin Berolahraga UntuK Penderita Sakit Jantung?

American Health Association menyarankan anda untuk berolahraga selama 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu. Bagaimanapun, jika anda sebelumnya malas berolahragaa, makan anda harus berolahraga lebih berat pada awalnya untuk membiasakan tubuh anda.

Anda bisa memecah sesi olahraga anda menjadi sesi 2 x 15 menit dalam sehari jika anda kesulitan menemukan waktu luang dalam jadwal sehari – hari anda.

Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk penderita jantung adalah olahraga aerobik.

Olahraga aerobik seperti berjalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda melatih kemampuan jantung dan paru – paru anda, sehingga jantung anda lebih efektif memanfaatkan oksigen dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Mulailah dengan membiasakan diri untuk berjalan cepat minimal 15 menit dalam sehari sebelum mengikuti aktivitas yang lebih berat.

Menurut sebuah studi yang dilansir oleh AHA, berolahraga selama satu jam meningkatkan angka harapan hidup anda hingga sebanyak 2 jam.

Berjalan cepat sendiri juga dianggap sebagai salah satu olahraga paling ampuh untuk menjaga kesehatan jantung anda. AHA menyarankan anda untuk meluangkan waktu setidaknya 20 – 30 menit sehari untuk berjalan kaki untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Mulai Berolahraga

Nah sekarang anda sudah mengetahui jenis olahraga apa yang sesuai dengan kondisi anda. Bagaimana cara untuk memulai berolahraga dengan benar dan aman?

Anda disarankan untuk melakukan pemanasan selama 5 menit sebelum anda berolahraga. Melakukan peregangan dan melemaskan tangan dan kaki anda akan membuat otot dan jantung anda menjadi lebih siap untuk berolahraga.

Tujuan dari olahraga secara rutin adalah untuk meningkatkan kemampuan tubuh dan jantung anda secara perlahan – lahan tanpa memberikan beban terlebih terhadap tubuh dan jantung anda.

Ketika anda mulai berolahraga, cobalah untuk memperhatikan apa yang tubuh anda rasakan. Jangan menunggu hingga anda kecapekan untuk beristirahat. Segerakanlah diri anda untuk beristirahan sebelum anda terlalu lelah.

Jika anda merasakan gangguan didada anda seperti dada yang terasa sesak atau kesulitan bernafas, berhentilah berolahraga.

Secara perlahan latih tubuh anda hingga terbiasa untuk berjalan selama 30 menit setiap hari. Setiap kali anda selesai berolahraga, lakukanlah pendinginan selama 5 hingga 10 menit untuk mengurangi rasa pegal yang anda alami pasca berolahraga.

Rajin Berolahraga UntuK Penderita Sakit Jantung 3
Foto : Je Shoots

Hal Lainnya

Tidak hanya memilih jenis olahraga saja yang harus anda perhatikan untuk memulai kebiasaan rajin berolahraga. AHA menyarankan anda para penderita sakit jantung untuk melakukan beberapa tips berikut untuk membantu mengembangkan kebiasaan untuk berolahraga secara rutin.

Trik lainnya agar rajin berolahraga untuk penderita sakit jantung.

Berpakaianlah sesuai dengan jenis olahraga dan cuaca saat berolahraga. Menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca saat berolahraga serta menggunakan sepatu yang pas akan membuat anda merasa nyaman saat berolahraga dan terhindar dari cedera.

Realistis dengan target anda. Jangan merasa gugup jika pada awalnya anda kurang konsisten berolahraga atau tidak mampu berolahraga selama 30 menit. Latihlah tubuh anda secara perlahan – lahan sehingga anda bisa berolahraga sesuai dengan durasi dan jadwal yang anda inginkan.

Jangan monoton. Lakukan jenis olahraga yang bermacam – macam untuk menghindarkan anda dari kebosanan. Jika anda bosan melakukan jalan cepat selama seminggu, cobalah olahraga aerobik lainnya seperti senam atau berenang.

Catat perkembangan anda. Catat waktu yang anda bukukan saat berolahraga. Berapa kilometerkah anda mampu berlari atau berjalan kaki dalam 30 menit atau seberapa lama anda mampu berjalan kaki sebelum anda merasa kecapekan.

Catat juga kondisi yang anda rasakan saat berolahraga. Catatan ini akan membantu memberikan dirimu motivasi dengan memberikan seberapa jauh pencapaian anda dan memberikan dokter anda informasi untuk menentukan jenis olahraga lain yang bisa anda lakukan.

Itulah tadi tips agar anda rajin berolahraga untuk penderita sakit jantung. Banyak penderita sakit jantung yang terkejut mengenai menyenangkannya memiliki gaya hidup yang aktif. Anda akan merasa lebih bugar, segar dan percaya diri, dan juga menghemat uang dan waktu anda.

Di Amerika sendiri dilaporkan bahwa penderita sakit jantung yang rajin berolahraga mampu menghemat biaya perawatan hingga 6 juta rupiah per tahun.

Jadi tunggu apa lagi, hubungi dokter anda dan mulailah merencanakan aktivitas yang akan anda lakukan. Hanya dengan meluangkan 30 menit saja anda bisa mendapatkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan jantung anda.

Simak terus diary sehat untuk info – info seputar penyakit jantung dan penyakit lainnya ya. Karena sehat adalah pilihan yuk ubah gaya hidup kita agar kita bisa menikmati keseruan dalam hidup ini sepenuhnya.

Baca Juga : Penyebab Detak Jantung Melambat

You might also like More from author

Comments